Muzeyyen Salik Banner

Intip Resep Masakan Indonesia Yang Mendunia

Tinggal di luar negeri bukan berarti saya melupakan tradisi dan budaya negara kelahiran. Bahkan bisa dibilang yang sebenarnya membuat saya kangen dengan Indonesia tak lain adalah kulinernya.

Itu sebabnya hampir setiap hari saya selalu menyajikan masakan Indonesia. Yang Alhamdulillah nya, juga bisa diterima dengan baik oleh lidah suami saja.

Hanya saja mungkin dia akan request jangan terlalu pedas. Menurut saya masakan Indonesia ini sendiri mempunyai berbagai cita rasa yang unik. Cita rasa di setiap daerah pun juga akan sangat berbeda, misalnya ada masakan yang cenderung manis, cenderung asin, atau mungkin cenderung ke pedas.

Mengenalkan Budaya Makanan Indonesia

Hidup berbeda budaya, adat dan istiadat mempunyai tantangan tersendiri. Terlebih mengenalkan budaya baru kepada orang asing ini juga tidak mudah.

Menurut saya, kita harus mempunyai mental yang kuat. Karena jujur waktu awal saya tinggal disini pun, rasanya bener-bener down. Kita dipaksa menyukai budaya mereka termasuk masalah Kuliner.

Tapi mereka sangat sulit menerima budaya kita. Dan benar-benar menolak dengan keras waktu awal saya mencoba mengenalkan salah satu makanan dari Indonesia.

Sampai akhirnya saya mencoba makanan yang simple seperti Indomie, sambil memasak banyak sekali pertanyaan yang mereka ajukan. Lucu juga kalau mengenang waktu pertama mereka mencoba makanan Indonesia. Pernah waktu itu saya bikin nasi goreng, cuma untuk trial saja sengaja nggak buat banyak.

Aku panggil suamiku dulu, respon dia lihat nasi goreng ini sedikit aneh. Kemudian dia mengangkat seporsi nasi goreng dan menciumnya. Sambil minta untuk diambilkan air putih. Waktu aku bergegas untuk ambil air putih di rumah atas dan kembali ke bawah, auto shock.

Seporsi nasi goreng yang aku berikan sudah habis ludes dimakan dia, tidak tersisa. Kaget dan senang sih, batinku lucu juga. Malahan dia mau minta lagi. Begitu juga waktu masak bakso, saya bikin satu baskom.

Waktu aku tinggal ke rumah atas. Ee, baksonya sudah habis dimakan mertua tinggal lima butir, batinku ngeri kali dia.

Nah dari sini, memang patut diakui masakan Indonesia ini terbilang lezat. Hanya saja mungkin orang-orang asing yang menolak makanan daerah kita ini, mereka sudah takut atau memang tidak ingin mencoba. Padahal jika mereka mencoba, pasti tidak akan aneh seperti yang mereka pikirkan.

Kali ini saya akan berbagi makanan Indonesia yang mendunia, beserta resep dan cara pembuatannya.

Resep Masakan Indonesia Yang Mendunia

Untuk kalian yang mempunyai kerabat, teman, atau family orang asing, bisa mencoba memberikan jamuan masakan Indonesia yang sudah mendunia.

Mengapa sih, kita perlu mencoba mengenalkan jenis makanan yang sudah mendunia ini? Pertama sih, kita nggak perlu capek-capek menjelaskan kepada mereka. Karena biasanya mereka akan tahu salah satu dari menu tersebut.

Mereka juga pasti mempunyai rasa penasaran ingin mencoba masakan Indonesia yang memang sudah famous. Apa saja masakan Indonesia yang mendunia, dan bagaimana cara membuatnya.

Saya akan membahasnya lewat artikel ini, dengan menuliskan beberapa resep masakan Indonesia.

Rendang

Makanan Indonesia yang berasal dari Minang patut diacungi jempol. Makanan yang diolah dengan berbagai rempah dan juga santan ini dinobatkan sebagai makanan terenak di berbagai media.

Disamping itu, rendang juga cocok untuk oleh-oleh dan kuat disimpan dalam perjalanan jauh, jika dimasak dan dikemas dengan benar. Cara membuat rendang sendiri cukup mudah, berikut resep membuat rendang.

Bahan-bahan:
600 gr daging sapi dipotong kotak, atau bisa sesuai selera
3 lembar daun jeruk
2 batang serai, memarkan
2.5 liter air
130 ml santan instan
1 sdm penyedap rasa sapi
½ sdm garam
5 sdm minyak untuk menumis
2 lembar daun salam
1 lembar daun kunyit
½ sdt pala bubuk

Bumbu Halus:
3 cm lengkuas
2 cm kunyit
1 cm jahe
120 gr cabe merah keriting
15 buah bawang merah
10 siung bawang putih

Cara Membuat:
Panaskan minyak, tumis bumbu halus masukkan juga daun jeruk, daun salam, sereh, pala, dan daun kunyit.

Kemudian masukkan daging sapi, tambahkan air, aduk merata, sampai bumbu-bumbunya meresap ke daging. Setelah itu tambahkan penyedap dan garam. Kemudian masukkan santan, dan diaduk sampai airnya habis.

Untuk kalian yang tidak suka rasa pedas, bisa menambahkan gula pasir atau gula jawa, di resep ini. Nanti cita rasa rendang akan lebih manis, seperti rendang khas semarang. Tapi tenang rasa pedasnya tetap masih ada kok.

Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan menu simple yang sangat mudah dibuat. Menu ini biasanya menjadi menu breakfast di hotel-hotel.

Meskipun menu satu ini terbuat dari nasi, yang notabene makanan pokok orang Indonesia, menu ini juga sangat disukai orang-orang asing. Berikut cara membuat nasi goreng sederhana.

Bahan:
3 centong nasi
2 siung bawang putih
3 buah bawang merah
2 buah sosis
1 butir telur
1 batang daun bawang, diiris tipis
secukupnya garam
secukupnya minyak

Cara Membuat:
Panaskan minyak masukkan telur kemudian orak arik, dan sisihkan. Haluskan bawang putih dan bawang merah, kemudian tumis sampai harum di wajan yang sama.

Masukkan sosis, tambahkan garam, kemudian masukan nasi. Aduk rata, dan tes rasa. Masukkan irisan daun bawang, kemudian masak sebentar, angkat dan sajikan.

Lumpia Khas Semarang

Jangan salah makanan khas Semarang ini, ternyata juga menjadi makanan yang mendunia. Sebagai seseorang yang asli kota Atlas ini saya juga merasa bangga. Begini resep membuat lumpia,

Bahan-bahan:
30 lembar kulit lumpia

Bahan Isian:
350 gr rebung, cuci bersih, rebus 3-5 kali
150 gr daging ayam cincang
100 gr udang
2 butir telur
2.5 sdm saos tiram
1.5 sdm kecap manis
½ sdt garam
½ sdt gula pasir
secukupnya air
secukupnya minyak

Bumbu Halus:
8 buah bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt merica bubuk

Bahan Perekat:
1 sdm tepung terigu (larutkan dengan sedikit air)

Bahan Saos:
3 siung bawang putih haluskan
2 buah cabe merah keriting, haluskan
100 gr gula jawa
500 ml air
1 sdt garam
1-2 sdm tepung maizena untuk mengentalkan

Bahan Pendamping:
Daun Bawang
Cabe Rawit Hijau

Cara Membuat:
Haluskan bumbu halus tumis dengan sedikit minyak sampai harum. Masukkan daging ayam cincang dan juga udang, masak hingga ayam berubah warna.

Kemudian masukkan rebung, tambahkan saos tiram, kecap manis, garam, gula pasir, aduk rata. Sisihkan kepinggir, beri sedikit minyak orak arik telur, aduk merata dengan bahan Isian lainnya.

Beri sedikit air, masak hingga air menyusut. Matikan api, tunggu sampai suhu ruang.

Siapkan bahan perekat beserta kulit lumpianya. Ambil satu kulit lumpia, isi dengan satu sendok makan penuh bahan isian yang sudah dimasak tadi.

Lipat dan gulung, kemudian rekatkan dengan bahan perekat. Lakukan sampai kulit habis. Siapkan minyak goreng, goreng lumpia hingga matang dan sonra tiriskan.

Cara Membuat Saos

Haluskan bawang putih dan bawang merah, kemudian campur dengan bahan lainnya, kecuali tepung maizena.

Rebus bahan hingga mendidih, kemudian matikan api. Saring didihkan lagi airnya, kentalkan dengan tepung maizena, tunggu hingga mendidih, dan matikan api. Lumpia khas Semarang siap di hidangkan.
Penutupan 
Masakan Indonesia yang mendunia ini ternyata memang patut diacungi jempol kelezatannya.
Baca artikel saya selanjutnya tentang, "Resep Masakan Tradisional".




Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

25 komentar

  1. Nah orang Turki yang buat saya heran. Setiap hari makanannya hanya itu-itu saja. Tidak pagi, sore atau malam. Cuma sop, yang isinya kalau menurut saya cuma air. Kalau dibandingkan dengan sop di Indonesia.

    Sop apa ya namanya lupa. Yang dimakan pakai roti. Apa mereka tidak bosan ya mbak 😅.

    BalasHapus
  2. Rendang dan nasi goreng, masakan Indonesia yang harus dicoba oleh orang asing. Bangga pastinya ya jika bisa mengenalkan masakan Indonesia di luar negeri.

    BalasHapus
  3. Beberapa hidangan Indonesia yang mendunia seperti rendang, nasi goreng, sate ayam, dan gado-gado, selalu berhasil menggoda selera. Saya teringat pengalaman mencicipi rendang di sebuah festival kuliner internasional. Rasanya yang kaya dan teksturnya yang empuk benar-benar membuat banyak yang jatuh cinta!

    BalasHapus
  4. Wah rendang the best sih.. nggak heran kalau kuliner ini mendunia karena kelezatannya boleh diadu dengan masakan manapun ya!

    BalasHapus
  5. Meski tinggal di luar negeri tetep masak makanan Indonesia ya mbak. Kuliner Indonesia memang bikin kangen sih. Hahaha ngeliat nasi goreng kaya nggak suka, tapi habis juga sepiring 🤣 kuliner Indonesia yang gurih tuh masih bisa diterima sama lidah orang luar, tapi makanan orang luar kadang susah diterima sama lidah orang Indonesia.

    BalasHapus
  6. Rendang best of the best. Tapi kalau saya lebih milih beli kalau rendang karena gak bisa masaknya

    BalasHapus
  7. Tak heran kalau rendang disukai masyarakat dunia dan diakui sebagai olahan daging terenak di dunia, rasanya memang candu sih

    BalasHapus
  8. Setuju sih kalau rendang menjadi salah satu makanan terlezat di dunia, karena memang seenak itu! Ah saya jadi ingat memiliki resep otentik makanan khas Minang tersebut, saya dapat dari salah satu mahasiswa KKN hihi..

    BalasHapus
  9. Kalau sama daku bumbu rendangnya pakai tambahan bunga lawang, cengkeh, adas manis, jinten biar makin keluar lagi aromanya

    BalasHapus
  10. Nasi Goreng itu masuk ke comfort food semua orang nggak sih, Kak? Mudah ditemukan bukan hanya di kaki lima, tapi sekelas hotel bintang lima pun menu ini selalu ada.

    BalasHapus
  11. Rendang memang sih menurutku masakan paling enak. Pantas pernah dinobatka jadi makanan terenak dunia ya

    BalasHapus
  12. semuanya makanan kesukaanku. apalagi rendang, rasanya bikin kangen selalu. tiap minggu selalu beli.

    BalasHapus
  13. Wah bagus dong kalo lumpia udh jd makanan global. Emg ini mirip dgn makanan luar negeri. Jd sangat mudah diterima oleh org luar terutama Asia.

    Kalo rendang dan nasi goreng sepertinya udh familiar dgn lidah org laluar yg sering dtg ke Indonesia. Mereka selalu ketagihan dgn 2 menu ini.

    BalasHapus
  14. Saya punya teman bule Belanda. Sejak awal masuk Indonesia hingga hari ini ini (lebih 30 tahun), enggak bosan makan rendang. Sepertinya kalau pas mudik pun di sananya dia minta dimasakin rendang. Tapi memang sepengetahuan saya rendang dan nasi goreng itu lebih bisa diterima oleh orang-orang bule.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah, paksu juga doyan ya, Mbak. Memang gak ada yg bisa ngalahin makanan Indonesia deh, xixixi.. Btw, kok sate nggak ada ya, Mbak? Padahal di covernya ada. Tambahin dong, Mbak, biar bisa recook juga, hehe..

    BalasHapus
  16. Lhoo mbaaa... dirimu ternyata orang Semarang yaaa.. Klo misal berkunjung ke sini, kita bisa ketemuan yaaa...
    Iya loh, masakan Indonesia tuh enak2, cita rasanya beraneka ragam, mulai dari yang manis, asin, bahkan pedas. Ngangeni loh masakan Indonesia bagi mereka yang tinggal di luar negeri.

    BalasHapus
  17. Iya sih, setiap lihat vlognya para bule yang travelling ke Indonesia. Hampir semuanya suka sama nasi goreng dan bakso. Jadi dua menu ini bisa kali ya jadi menu nasional Indonesia yang laris di dunia macam tomyam, susi, atau ramen gitu.

    BalasHapus
  18. Kuliner Indonesia memang juara sih menurutku. Terbukti banyak orang LN yg suka. Rendang dan nasgor apalagi. Kayaknya hampir semua orang bakal suka kalau udah nyicipin. Kalau diriku berhubung ga pinter masak, apalagi yg bumbunya banyak kyk rendang, aku masak pakai bumbu instan hehehe

    BalasHapus
  19. Enggak heran, aku sendiri kalau disuruh nyobain makanan baru juga pasti maju mundur hehehe. Aku ikut seneng mbak, berarti mbak Tri udah sukses mengenalkan nasi goreng dan bakso...

    BalasHapus
  20. Aku orang Jawa yang tinggal di Tanah Sunda, tapi soal rendang, yang otentik Minangkabau tetap jadi juaranya. Apakah aku bisa masaknya? Tidaaak, hehe...tapi alhamdulillah bisa belinya. Kalau masak sendiri tetap aja jadinya kok rendang Jawa.

    BalasHapus
  21. Aku gak bisa masak masakan yang ribet, kaya rendang.
    Kalau pakai bumbu jadi, mashaAllaa.. jauuuh banget rasanya. Kaya gak sesuai ama kebiasaanku makan rendang. Oh iya, keluarga kami dulu pernah 20 tahun tinggal di Sumatera. Jadi rasa rendang terenak menurutku, ya rendang Ibuk. Hehhee..

    Tapi kalau di luar negeri, mungkin agak sulit mencari bahan-bahan yang ada dalam bumbu rendang yaa.. mungkin bisa digantikan dengan bahan lain?

    BalasHapus
  22. wah aku baru tau lumpia juga masuk salah satu makanan yang mendunia. aku malah taunya sate. sate juga masuk ga sih? hahaha. tapi emang nasgor tuh disukain banyak orang luar

    BalasHapus
  23. waaah.. rendang favoritku nih.. bisa banget praktik bikin sendiri. belum pernah bikin sendiri, selalu beli kalau rendang wkwkk...kuliner Indonesia emang juara banget...

    BalasHapus
  24. Selain masakan di atas, satu masakan tradisional lainnya yang mendunia yaitu sate. Indonesia memang kaya dengan sajian kuliner yang menggoda dan siap memanjakan siapa yang menginginkannya

    BalasHapus

  25. Nah iya, kalau di sini (Qatar) nasi goreng banyak dijumpai di beberapa restoran, mie (bakmi) goreng pun juga. Memang menu di atas juara banget sih.

    BalasHapus

Posting Komentar