Muzeyyen Salik Banner

Penyebab Dan Tips Perawatan Wajah Berjerawat

Perawatan Wajah Berjerawat
Jerawat kerap sekali menjadi problematika yang dapat menurunkan kepercayaan diri.

Bahkan mungkin diantara kalian yang mengalami masalah kulit berjerawat enggan keluar rumah. Atau bahkan mengalami kendala dalam beraktivitas.

Mari kita bahas apa sih yang dapat membuat kulit kita berjerawat.

Penyebab Kulit Wajah Berjerawat

Mempunyai kulit mulus tanpa jerawat memang idaman semua orang.

Tapi kita tidak bisa memungkiri jika jerawat bisa saja terjadi pada setiap orang.

Apa sih sebenarnya penyebab kulit berjerawat. Berikut beberapa penyebab kulit berjerawat.

Pola Makan Yang Tidak Sehat

Membiasakan diri dengan pola makan yang tidak sehat selain dapat mengganggu sistem pencernaan, ternyata juga dapat menjadi penyebab kulit berjerawat.

Berdasarkan penelitian berjudul Association Between Adult Acne and Dietary Behavior’s: Findings from the NutriNet-Sante Prospective Cohort Study, mengkonsumsi makanan tinggi gula atau lemak dapat beresiko jerawat 54% lebih tinggi. Sedangkan mengkonsumsi manis dapat beresiko berjerawat lebih tinggi 18%.

Kulit Sensitif

Kulit sensitif sangat rentan iritasi bahkan sering mengalami ketidak cocokan produk perawatan yang digunakan.

Itu sebabnya jenis kulit sensitif lebih cenderung mengalami masalah jerawat.

Perubahan Hormon

Penyebab lain timbulnya jerawat adalah perubahan hormon. Saat laki-laki dan perempuan mengalami pubertas, maka produksi hormon Androgen semakin meningkat.

Peningkatan ini menyebabkan kelenjar sebaceous pada kulit membesar dan memproduksi lebih banyak sebum dan minyak.

Perubahan hormon juga terjadi pada wanita yang sedang menstruasi. Itu sebabnya ada beberapa wanita timbul jerawat pada wajah saat menstruasi.

Stress Yang Berlebihan

Stress yang berlebih dan berkepanjangan dapat menimbulkan perubahan pada otak dan keseimbangan kimia pada tubuh. Yang dapat menimbulkan jerawat.

Stress juga dapat membuat kulit menjadi lebih berminyak, yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat berulang kali.

Efek Mengkonsumsi Obat Tertentu

Obat-obat tertentu dapat mempengaruhi kadar hormon, sehingga menimbulkan jerawat.

Obat-obat itu antara lain mengandung kortikosteroid, testosteron, atau lithium.

Kebiasaan Merokok

Ternyata mempunyai kebiasaan Merokok juga dapat menyebabkan masalah jerawat.

Asap rokok mengandung bahan kimia yang dapat merusak kulit, seperti organ tubuh lainnya. Racun dalam rokok juga dapat mengubah komposisi dan kepadatan minyak kulit atau sebum.

Nah ini yang dapat memicu jerawat sekaligus komedo hitam maupun putih.

Faktor Genetik

Penyebab kulit berjerawat juga bisa terjadi karena faktor genetik.

Nah jika di antara anggota keluarga kita ada yang terkena masalah jerawat, kemungkinan kita juga akan mengalami masalah jerawat.

Tips Perawatan Wajah Berjerawat Yang Bisa Kita Lakukan

Melakukan perawatan wajah secara rutin wajib dilakukan, apalagi untuk wajah yang bermasalah dengan jerawat.

Kondisi kulit berminyak sering menjadi pemicu timbulnya jerawat. Untuk itu kita harus selalu menjadi kulit wajah agar tetap bersih setelah melakukan rutinitas sehari-hari.

Berikut beberapa tips perawatan wajah berjerawat yang bisa kita lakukan;
Perawatan Wajah Berjerawat

Mencuci Muka 2 Kali Sehari

Mencuci muka merupakan perawatan dasar merawat wajah.

Kita bisa melakukannya paling tidak 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari setelah bangun tidur dan juga malam hari sebelum bangun tidur.

Gunakan sabun wajah yang mengandung sulfur atau sabun berbahan kimia ringan agar dapat membunuh kuman dan tidak menimbulkan iritasi pada wajah.

Jangan menggosok wajah terlalu kencang, karena dapat menyebabkan jerawat pecah dan semakin memperparah jerawat.

Gunakan toner Toner Dan Pelembab

Setelah mencuci wajah, biasakan untuk menggunakan toner dan juga pelembab.

Sebaiknya gunakan perawatan wajah yang tidak mengandung alkohol dan lembut untuk wajah. Karena produk yang mengandung alkohol dapat memicu breakout dan membuat kulit wajah semakin berminyak.

Sehingga dapat menimbulkan jerawat lebih banyak dan memperparah.
Perawatan Wajah Berjerawat

Jangan Menyentuh Bahkan Memecah Jerawat

Menyentuh jerawat dapat memperparah jerawat, apalagi jika tangan kita kotor.

Dan sebaiknya hindari memecah jerawat, karena dapat menimbulkan infeksi serta terbentuk jaringan parut atau bekas jerawat yang parah diwajah.

Lindungi Kulit Wajah Dari Paparan Sinar Matahari

Sebaiknya kita menghindari paparan sinar matahari jika sedang berjerawat.

Karena sinar matahari secara langsung dapat meningkatkan produksi minyak atau sebum. Ini akan membuat wajah rentan berkomedo dan timbul jerawat baru.

Kita bisa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30, dan memilih untuk produk yang bebas minyak atau cocok untuk kulit wajah berminyak.

Membersihkan Make Up Di Wajah

Hindari kebiasaan tidur dengan makeup, usahakan untuk membersihkan wajah setelah memakai make up.

Kita bisa memilih produk kosmetik dengan label noncomedogenic atau nonacnegenic, karena produk tersebut tidak menyebabkan jerawat.
Perawatan Wajah Berjerawat

Menggunakan Produk Perawatan Kulit Untuk Wajah Berjerawat

Gunakan produk yang mengandung benzoil peroksida, retinoid, asam azaleat, asam salisilat, atau asam glikolat.

Karena dapat mengurangi peradangan di kulit wajah, bahkan dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti vitamin C dan vitamin E.

Dengan mengkonsumsi makanan dengan sumber vitamin Yang bergizi, selain dapat menyehatkan kulit juga dapat meminimalisir terjadinya jerawat.

Penutupan

Itulah penyebab dan beberapa tips untuk melakukan perawatan wajah berjerawat.

Baca artikel saya selanjutnya tentang “Perawatan Wajah Di Klinik”.
Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

22 komentar

  1. Beberapa waktu lalu anakku sempat mau jerawatan, untunglah sebelum parah sudah tertangani, salah satunya dengan double cleansing. Emang sepenting itu membersihkan wajah...

    BalasHapus
  2. Saya berjerawat karena faktor genetik, banyakan kakak adiknya dari mama atau papa pada jerawatan semua. Dan model jerawat batu. Puji Tuhan, saya jerawatan nggak sampai parah-parah amat. Walau gitu saya masih minder karena pengen punya kulit wajah yang mulus.

    BalasHapus
  3. Meski tidak sering, saya pernah beberapakali keluar satu atau dua jerawat di wajah menjelang menstruasi. Untungnya sedikit dan jarang, jadi saya tidak terlalu khawatir. Apalagi nanti juga cepat hilang kalau saya. Nah, buat yang kulitnya sensitif atau mudah berjerawat, maka harus benar-benar memperhatikan cara perawatannya seperti yang ada di artikel ini.

    BalasHapus
  4. Aku tuh tipe cewek yang kalau mau mens malah timbul jerawat. Paling ya tetap perawatan. Agak sulit ya menahan tangan biar nggak megang dan mencetin jerawat kalau pas lagi berjerawat. Hehehe....

    BalasHapus
  5. udah tahu kalau mencetin jerawat bisa bikin bopeng dan berbekas, eh masih dilakukan aja. itulah aku. plis jangan ditiru ya, hehe

    BalasHapus
  6. Penyebab jerawat ini memang beragam, termasuk wajah kotor penuh debu sehabis motoran. Makanya saya paling wajib rajin membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah.

    BalasHapus
  7. Perawatan wajah untuk kulit berjerawat ini memang khusus ya, kalau salah penanganan justru akan memperburuk kondisi kulit

    BalasHapus
  8. Anak laki-laki saya sedang di masa pubertas, wajahnya jadi suka muncul jerawat. Sekarang rutin bersihin wajah jadi makin jarang timbul jerawatnya.

    BalasHapus
  9. Wah kayanya aku berjerawat gini juga dari segi makanan kayanya ya mbak. Soalnya pas gadis malah aku nggak jerawatan kaya gini, hiks sedih banget melihat muka sekarang padahal udah cuci muka dua kali sehari. Harus rajin skincare juga ya mbak.

    BalasHapus
  10. Makan makanan yang gak sehat, stress berlebih, selain memicu penyakit lain juga bikin wajah berjerawat.

    Biar wajah bebas jerawat kudu rajin cuci muka nih. Selain itu menggunakan skincare atau toner yg cocok biar kulit gak jerawatan.

    BalasHapus
  11. Memang perlu tahu duluan ya datangnya jerawat itu karena apa, sehingga tahu penyelesaian nya seperti apa dan lebih tepat juga

    BalasHapus
  12. Faktor genetik ini yang sulit ya mbak. Temen ku ada juga nih yang kayak gini, udah perawatan yang gimana aja masih tetep hilang timbul jerawatnya.

    BalasHapus
  13. Waduh, selama ini saya malah suka gregetan kalau munculnya jerawat di wajah selalu saja pengen memencetnya. Ternyata itu ga boleh ya...
    Kedepannya mungkin harus saya stop kebiasaan ini biar gak meninggalkan bekas di wajah juga

    BalasHapus
  14. Memiliki wajah berjerawat tentu butuh perlakuan khusus ya
    Nggak hanya dari luar saja tetapi juga memperhatikan asupan makanan

    BalasHapus
  15. saya termasuk yang jarang jerawatan mba, tapi sekalinya jerawatan itu langsung jerawat batu. biasanya karena lupa cuci muka dan kurang tidur, kalo udah gini langsung cuci muka lengkap dan tidur

    BalasHapus
  16. Kebiasaanku tuh kalo jerawatan pasti mencet2 jerawatnya ampe pecah. Imbasnya ya bakterinya menyebar lagi deh. Dan timbul bnyk jerawat di samping2nya alias melebar.

    Yg lbh kesel lagi, bekas jerawatnya makin menghitam. Jd agak kontras dgn kulit meski warna kulitku coklat. Tp kalo hitam ya ttp aja kelihatan. Mknya hrs sering2 bersihin muka ya meski hanya basuh. Syukur kalo ada skincare-nya.

    BalasHapus
  17. Dlu aku jerawat parahh sih tapi berangsur2 membaik alhamdulillah, Selain karena skincarenya cocok jg aku mulai ngurangin yg penyebab jerawat gitu makanan2 yg dlu aku suka, skip dlu wkwk

    BalasHapus
  18. Duh.. Memang gak enak banget kalo jerawat udh muncul. Aku sih bukan tipe yg berjerawat, tapi kalo udah muncul satu, rasanya badmood banget, haha.. Memang kudu jaga makan sama kebersihan wajah ya.

    BalasHapus
  19. Perawatan untuk kulit berjerawat memang harus ekstra. Setidaknya harus tahu dulu apa penyebabnya. Salah penggunaan produk nanti malah bikin makin parah.

    BalasHapus
  20. Kebiasaan memecahkan jerawat malah bikin kulit jadi nggak mulus lagi lho. Bekasnya bisa meninggalkan luka dalam yang bertahan lama dan jadi nggak asik untuk dipandang sih. Biasanya yang begini tuh kaum Adam. Biasanya lho ya, bukan bermakna semuanya begitu.

    BalasHapus
  21. Uhuy kalau ada jerawat mah, tangan rasanya getel ya. Godaan banget deh. Ternyata ada faktor genetik ya jerawatan itu.

    BalasHapus
  22. Dulu tuh kulitku kering banget, tiba-tiba jadi jerawatan gara-gara stress pas skripsian. Emang stress berlebih itu gak baik.

    BalasHapus

Posting Komentar