Muzeyyen Salik Banner

Meaning Pesonal Blog For Upgrade Career

Meaning Pesonal Blog

Sebelum membahas lebih lanjut tentang artikelku kali ini. Aku akan membahas sedikit tentang awal mula memutuskan untuk membuat sebuah blog.

Seingatku, awal bikin blog tahun 2015 dan akhirnya tulisan pertama launching tahun 2016 tentang perjalananku menikah dengan bapak dari anakku ini. Yang akhirnya tulisan itu aku takedown.

Tahun 2023 aku mulai bangkit setelah dari keterpurukan selama ini, dan bergabung di sebuah komunitas blog. Ini karena aku ingin menjadi pribadi yang lebih produktif lagi.

Mempunyai komunitas yang positif, mencoba membuka diri berinteraksi dengan orang lain, serta mengembalikan kesehatan mental. Jujurly menulis bukan passionku, yang membuatku bisa dibilang mempunyai kegalauan sampai sekarang.

Tapi kenapa aku masih bertahan sampai sekarang? Ini karena aku ingin membuktikan bahwa aku harus bisa. Dari mulut-mulut orang-orang yang merendahkan, judge, bahkan mungkin dimana-mana membicarakan kekuranganku, ini yang membuat aku bangkit sampai sekarang.

Dan akhirnya aku bergabung di komunitas BRT Network. Jujur suka banget sama cara mengajarnya yang membuat kita itu diajak untuk berpikir bersama bertukar pikiran untuk menyelesaikan masalah.

Yang bikin seneng lagi disana ada webinar, seperti yang aku ikut minggu lalu, dengan narasumber mba Putri SB. Setelah mendengar webinar dari mba Putri ini serasa dapat semangat lagi untuk bangkit. Yang membahas tentang upgrade career lewat blog.

Dulu sih aku nggak tahu kalau lewat blog ini bisa mendatangkan job atau pendapatan sampingan. Tapi apapun itu, rezeki dan nasib pasti juga atas campur tangan Tuhan.

Kalaupun tidak ada job atau anything dari blog yang mungkin kita bangun, setidaknya nilai positifnya kita sudah menjadi produktif.


Oke, kita lanjut ke isi webinar dari mba Putri ini ya, yang memang dari perjalanan karirnya ini hampir mirip dengan mas Miftah narasumber webinar sebelumnya.
Meaning Personal Blog

Aspek Utama Untuk Pertumbuhan Karir

Didalam dunia digital marketing blogger ada empat core yang menjadi aspek untuk perhatikan. Empat aspek itu adalah sebagai berikut;

Education

Pendidikan ini sangat penting tetapi bisa menjadi sesuatu yang tidak penting. Seperti contohnya tidak semua orang berhasil atau sukses di bidang akademi yang dulu mereka geluti.

Bisa saja ternyata mereka akan sukses di bidang lain seperti menjadi content writer.

Akan tetapi, ijazah, sertifikat, maupun pelatihan khusus atau kursus akan menjadi nilai plus untuk karir yang kita geluti.

Mungkin kaya aku ini, yang memang tidak ada basic literasi, dan harus mengambil kursus di bidang literasi.

Valuable skill

Dengan keahlian yang mumpuni maka pekerjaan kita juga bisa bagus dan maksimal. Lalu bagaimana jika kita tidak punya keahlian?

Seperti pembahasan diatas sebelumnya kita bisa mengikuti beberapa kursus, dan syukur-syukur dari kursus itu kita mendapatkan sertifikasi untuk menunjang karir kita.

Communication

Dalam dunia digital marketing komunikasi sangat penting. Bahkan pemilihan bahasa dan etika bisa sangat mempengaruhi karir kita.

Kemampuan bernegosiasi juga sangat diperlukan, untuk mendapatkan kesepakatan terbaik bersama.

Memiliki networking atau jaringan bahkan rekomendasi atau orang dalam juga memberikan pengaruh.

Kalo kata mba Putri, dimanapun kita berada harus tetap menjaga hubungan karena siapa tahu mungkin kita tidak membutuhkannya sekarang tetapi dimasa yang akan datang dia akan menjadi partner yang baik.

Setelah kita punya kemampuan bernegosiasi kita harus memberikan pelayanan yang baik. Ini bertujuan supaya klien kembali kepada kita. Bahkan kita bisa saja direkomendasikan oleh klien untuk job yang lain.

Portofolio

Portofolio mempunyai peran yang sangat penting. Dengan keahlian yang kita punya, dan mendapatkan sertifikasi, ini akan membuat portofolio kita semakin menyakinkan dan diakui. Dengan itu juga kita akan lebih mudah mempresentasikan diri kita dan keahlian kita.

Perjalanan Karir Mba Putri

Perjalanan karir mba Putri, diawali dari blogger yang bahkan tidak mengenal istilah SEO. Jujurly waktu mba Putri bilang,
Percuma nulis jika ngga ada yang baca.
Rasanya mak jleb dan terngiang-ngiang sampai sekarang. Yang menurutku memang ini akan menjadi percuma nulis artikel tetapi jangankan pembaca pengunjungnya aja tak ada.

Dan yang memang sudah di warning kalo mau berkembang harus upgrade juga blognya. Sampai akhirnya mba Putri berhasil upgrade blog dan belajar step by step yang memang harus di pelajari.

Hingga akhirnya mba Putri bisa sampai ke tahap SEO Content Writer dengan membawa empat aspek tadi. Tidak sampai di sini saja, mba Putri trus belajar hingga mencapai tahap menjadi Web Dev & SEO Specialist.

Dari sini bisa dibayangkan berapa strungglenya mba Putri ini. Nah dari kemampuan dan keahlian yang dia miliki sekarang mba Putri bergelut di pemasaran digital dan juga menjadi seorang pengajar.

Pesan dari mba Putri,
Jika ada kesempatan yang harus diambil jangan t disia-siakan.
Meaning Personal Blogger

Keterampilan Yang Meningkatkan Hidup

Lagi-lagi tidak hanya empat aspek yang dibahas sebelumnya. Tetapi ada enam kebiasaan yang dapat meningkatkan hidup kita.

Enam hal yang menjadi kebiasaan tersebut adalah sebagai berikut;

1. Fast Learner

Belajar dengan cepat, setidaknya kita punya kemauan untuk mempelajari sesuatu hal terutama hal-hal baru yang belum pernah kita ketahui.

Siapapun bisa menjadi seorang fast learner, bukan hanya untuk orang cerdas tetapi asalkan kita mau pasti kita mampu. Belajar banyak hal dengan bertahap, step by step.

2. Never Give Up

Kata-kata dari mba Putri,
Jangan pernah menyerah, ketika kita mengalami kegagalan itu adalah modal untuk sukses kedepan.
Aku setuju banget dan percaya ini, kesuksesan pasti akan datang jika kita tidak pernah menyerah. Hanya saja mungkin kita harus sabar, karena kita semua tidak akan pernah tahu kapan kesuksesan itu akan datang.

3. Networking

Menjalin hubungan bahkan bisa dengan memperluas hubungan dengan orang-orang. Tidak ada salahnya juga kita welcome dengan orang terlebih dahulu.

4. Management Skill

Management skill ini sangat penting karena mencakup keseluruhan, seperti manajemen waktu, manajemen uang, bahkan manajemen rumah termasuk urus anak dll.

Bagaimana kita bisa mengatur semuanya antara pekerjaan rumah dengan pekerjaan kantor maupun sampingan. Bahkan kebutuhan suami maupun anak-anak harus terhandle dengan baik.

5. Self Control

Bagaimana kita bisa mengontrol diri kita untuk menanggapi seperti contohnya tekanan, pikiran yang menyerang, bahkan mungkin kemampuan memaafkan untuk orang-orang yang mungkin melukai kita.

Disini kita harus bisa memfilter mana yang baik untuk kita dan mana yang tidak baik untuk kita. Untuk poin self control ini aku juga masih banyak belajar, menjadi orang yang lebih menerima, memahami, dan memaafkan.

Bukan karena apa, tapi sesuatu yang kita tanam akan kembali ke diri kita masing-masing. Karena bagaimanapun juga Tuhan sudah menyiapkan ini semua, dimana ada kepahitan, mungkin lusa akan ada kebahagiaan.

6. Adaptability

Kemampuan bagaimana cara kita untuk bisa beradaptasi. Misalnya saja kita berada di sebuah forum ya berarti kita harus mutlak mengikuti aturan di forum tersebut.

Dan belum tentu antara forum satu dengan lainnya perlakuannya akan sama. Untuk itu kemampuan beradaptasi juga penting.
Meaning Personal Blog

Jangan Pernah Berhenti Mengoptimalkan Diri

Setting goal

Sebelum kita melangkah kita harus menentukan tujuan kita menjadi seorang blogger. Setelah kita tahu tujuan ini kita akan mudah untuk melangkah kedepan.

Learn more

Belajar lebih banyak untuk meraih tujuan. Jangan pernah berpikir untuk bersaing dengan orang lain. Tetapi alangkah baiknya jika kita bersaing dengan diri kita sendiri. Misalnya memberi challenge tersendiri untuk diri kita.

Do the best

Salah satu cara mengoptimalkan diri adalah melakukan yang terbaik. Karena apapun yang kita lakukan dengan baik maka hasilnya juga menjadi baik.

Objective evaluation

Melakukan evaluasi secara objektif. Lihat perkembangan apa yang sudah kita lakukan dan kita capai. Evaluasi secara objektif ini seperti, berapa yang berhasil dan yang tidak berhasil kita lakukan.

Setelah mengevaluasi kita kembali ke setting goal awal tadi. Dan learningnya apa yang bisa kita ambil. Dari sini kita bisa belajar dan memperbaikinya lagi. Rantai ini akan terus berkesinambungan sampai karir kita growth.
Meaning Personal Blog

Kebiasaan Yang Bisa Mengembangkan Karir

1.Focus

Fokus menjadi pokok kunci utama dalam hal belajar maupun bekerja. Dan kita bisa mengabaikan hal-hal yang tidak terlalu berdampak dengan apa yang kita kejar.

2.Discipline

Kedisiplinan juga menjadi kebiasaan yang akan membuat kita karir kita berkembang.

3.Stop making excuse

Jangan pernah ada alasan untuk tidak bisa. Berpacu pada tujuan kita sebelumnya, jika ingin berkembang kita harus lakukan.

Kalo management waktu kita baik pasti kita bisa melakukan semuanya dengan baik.

4.Push Self Limit

Meningkatkan batas kemampuan dengan mendorong batas kemampuan diri kita sebelumnya.

Sebenarnya keempat hal ini bukan berarti harus kita lakukan semuanya. Tetapi kita bisa saja bertahap menerapkannya agar menjadi habis.

Jalan Pintas Untuk Mengembangkan Karir

Positive affirmation

Selalu berfikir yang positif dalam diri dengan keyakinan yang kuat.

Menurut aku sendiri dengan berfikir positif akan memberikan hasil yang positif juga.

Mind Mapping

Mind mapping sendiri lebih ke membuat pemetaan, misalnya saja ketika kita mau jadi SEO specialist hal apa yang harus dipelajari, ini semuanya harus ditulis.

Bahkan kita harus membuat breakdown apa saja yang harus kita lakukan.

Clear Goals

Dengan mapping yang bagus kita akan mendapatkan tujuan yang jelas. Jadi apa yang kita kerjakan juga terarah untuk mencapai tujuannya.

Think And Do Like You want

Berpikir dan berlaku seperti apa yang kita mau. 
Misalnya saja bagaimana meletakkan second keyword, bagaimana mencarii keyword dll.

Penutupan

Dari webinar yang aku ikuti, aku percaya jika tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau mencoba berusaha, dan terus belajar.

Trus dari perjalanan mba Putri, butuh effort yang besar, kekonsistenan, dan juga kedisiplinan yang luar biasa.

Jika kesuksesan sudah ada ditangan kita, tidak perlu kita menyombongkan diri, tetapi lebih baik tetap merendah dan terus menggali keterampilan kita.

Baca artikelku yang akan datang tentang webinarku selanjutnya.












Müzeyyen Salik
Seorang ibu rumah tangga yang menyukai kerajinan tangan, belajar hal baru, dan pantang menyerah.

Related Posts

Posting Komentar